Monday, February 18, 2019

*Peran Pikiran bawah sadar, Amygdala dan RAS dalam kehidupan kita :*


*Peran Pikiran bawah sadar, Amygdala dan RAS dalam kehidupan kita :*

Sebagian orang ada yang mengetahui tentang pikiran bawah sadar. Namun tidak banyak yang mengetahui tentang Amygdala dan RAS, termasuk saya juga baru mengetahui kata-kata tersebut dari group BTD  yang saya ikuti di WA.

Kita tau pikirin bawah sadar berpengaruh lebih dari 88% dalam kehidupan kita, sedangkan Amygdala Dan RAS adalah unsur utama dalam pikirin bawah sadar kita.
Utk bisa memiliki kehidupan yg lebih baik, kita perlu mengenal 3 hal diatas, yg kesemuanya ada di dalam otak kita.

1. Pikiran Bawah Sadar

Merupakan 88% bagian pikiran kita. Disinilah tersimpan semua data kehidupan kita sejak sebelum lahir sampai saat ini. Sebagian besar data yg tersimpan adalah turunan dari data yg masuk pada usia 0-7 tahun, kemudian diperkuat yg masuk usia 8-14 tahun. Data yg berlawanan dg data awal tidak disimpan alias ditolak, sedang yg sesuai akan disimpan. Sehingga data yg diperoleh sejak 0-7 tahun itu akan semakin kuat dan kuat. Disinilah sebenarnya pola pikir miskin dibentuk oleh lingkungan Anda. Program pikiran salah tentang uang seperti "Uang tidak dibawa mati", "uang penyebab pertengkaran", "orang kaya itu penindas" dsb, akan membuat Anda terus menerus kesulitan mendapatkan uang.

2. Amygdala

Amygdala adalah dua buah organ kecil sebesar biji kacang tanah yg letaknya di tengah otak setinggi mata. Amygdala akan bereaksi jika kita keluar dari zona nyaman kita. Misal Anda terbiasa mengendarai mobil dg kecepatan 60 km per jam. Suatu saat Anda mengendarai dg kecepatan 100 km/jam, maka Amygdala akan bereaksi dg memberi bisikan bisikan agar Anda menurunkan kecepatan. Ini juga berlaku ketika Anda melakukan hal hal yg tidak biasa Anda lakukan di bidang bisnis atau keuangan, meskipun secara sadar Anda tahu itu baik. Amygdala akan memberi "bisikan bisikan jahat" agar Anda berhenti melakukannya. Amygdala akan merangsang keluarnya *hormon kortisol* yg akan menyebabkan perasaan tidak enak alias stress. Sampai Anda menghentikan apa yg Anda lakukan itu.

3.  Reticular Activating System (RAS)

terletak di batang otak, berfungsi utk filter yg menyaring informasi yg bisa disimpan di bawah sadar. Fungsi lain juga utk membuat kita fokus kepada sesuatu. Misal ketika Anda membeli sebuah mobil Avanza warna silver. Maka mendadak di jalan Anda melihat banyak sekali mobil avanza silver, padahal tadinya tidak nampak. Penampakan banyak Avanza silver itu adalah kerja RAS yg menyaring dan menyajikan informasi tertentu.
Contoh lain ketika Akan tidur, Anda memutuskan utk bangun jam 3 pagi. Maka tepat jam 3 pagi Anda pasti bangun. Apakah setelah utu Anda bangkit dari tempat tidur atau tertidur lagi, itu masalah lain. Tetapi RAS yg tidak pernah tidur akan membangunkan Anda tepat pada jam yg diinginkan.

Jika Anda tidak bisa mengendalikan ke 3 komponen pikiran tadi, maka usaha apapun yg secara sadar Anda lakukan untuk merubah nasib akan sia sia. Anda yg sejak kecil sdh merasa nyaman dg apa yg Anda lakukan sekarang (kekurangan uang dan bekerja mencari uang), kemudian ingin "merubah nasib", dan mencoba keluar dari kondisi kekurangan uang seperti saat ini, akan gagal. Kecuali Anda mengerti dan mewaspadai kerja ke 3 organ tadi, kemudian secara sadar mencari cara mengontrolnya. Tanpa berani melakukan hal itu, maka secara keuangan Anda akan kembali ke jalan yg benar  menurut Anda, yaitu bekerja mencari uang dan selalu kekurangan uang.

Apakah berarti amygdala itu bersifat negatif? Dan apakah RAS bersifat positif?
Bagaimana mengasah itu semua jika ada nilai positifnya dan bagaimana mengeliminir jika ada nilai negatifnya?
Jawab: Sebenarnya tidak ada yang positif atau negatif. Semuanya diperlukan demi kesejahteraan dan kenyamanan kita.
Amygdala sangat diperlukan supaya kita berhati hati dan tidak kebablasen menyimpang. Masalah baru muncul ketika kita ingin berubah karena mendapat “pencerahan”. Amygdala akan selalu berusaha menghambat perubahan itu dan mengembalikan kita ke jalur normal.
Sebagian besar dari kita ingin berubah dari Kondisi kekurangan uang sehingga harus terus bekerja mencari uang, MENUJU kondisi kelebihan uang dan tinggal santai mengelolanya saja. Dari bekerja untuk mendapatkan penghasilan aktif, menjadi membangun aset untuk mendapatkan penghasilan pasif. Itu kondisi yang sangat berlawanan, sehingga Anda perlu bekerja keras untuk mengontrol amygdala.

Anda perlu menyadari bahwa :

1. Perubahan hidup yang besar, umumnya butuh waktu sekitar 2-5 tahunan. Sehingga kalau ada bisikan/keinginan agar berubah lebih cepat dengan hasil lebih besar, itu dorongan amygdala yang ingin menghilangkan rasa percaya diri Anda. Itu dorongan rasa “lapar uang” yang merupakan pola pikir orang miskin. Anda perlu bersabar mengikuti pola perubahan dengan kurun waktu 5 tahun itu dan menikmati prosesnya.
2. Semua pilihan cara yang Anda lakukan untuk mencari nafkah kemarin dan saat ini adalah cara untuk menuju kondisi yang lama, berdasarkan peta kehidupan yang lama. Jika ada bisikan untuk mempertahankan cara itu (cara berbisnis/mencari uang) padahal Anda ingin mendapatkan hasil berbeda, itulah kerja amygdala.
3. Langkah apapun yang diminta mentor Anda, pasti langkah yang tidak membuat Anda nyaman karena berlawanan dengan langkah Anda selama ini. Amygdala anda pasti berontak dan melarang Anda melakukan anjurannya. Pilihan ada pada Anda sendiri, mengikuti anjuran mentor Anda atau amygdala Anda.
Semoga bermanfaat

sumber:
group BTD

No comments:

Post a Comment